Serangan Spam Tumbuh Subur

      Laporan terbaru yang cukup mengejutkan datang dari penyedia aplikasi keamanan McAfee. Tes yang dilakukan McAfee terhadap aktifitas Spam selama 1 bulan pada Mei lalu sudah menyentuh angka 120.000.


      Padahal data tersebut hanya dikumpulkan dari 10 negara yang dijadikan contoh oleh McAfee. Caranya adalah dengan mengumpulkan 50 relawan dari setiap negara contoh untuk mengikuti tes yang diprakasai oleh McAfee. Relawan ini tinggal di negara-negara yang paling aktif menggunakan internet, seperti: Amerika, Perancis, Belanda, Brazil, Italy, Meksiko, Kanada, Australia, Spanyol, dan Jerman.


      Selanjutnya para relawan tadi ditugaskan untuk berselancar online tanpa perlindungan apapun. Tujuannya untuk mengumpulkan contoh spam sebanyak mungkin. Saat pengujian berlangsung peserta juga diharuskan menggunakan laptop baru untuk membuka email dan mengunjungi situs-situs yang belum pernah mereka ketahui.


      Hasilnya cukup mengejutkan, karena ternyata McAfee menemukan salah satu relawannya mendapatkan 157 spam dalam waktu kurang satu hari. Posisi pertama diraih para relawan dari Amerika yang berhasil mendapatkan23233 Spam yang umumnya ditujukan untuk orang dewasa. Sedangkan posisi terakhir diduduki relawan dari Jerman.


      Dari 10 kategori Spam yang dinilai McAfee, Spam yang berhubungan dengan finansial adalah yang paling banyak didapat oleh seluruh peserta. Posisi berikutnya datang dari kategori industri kesehatan dan obat-obatan.


      Selain menguji pengalaman peserta, McAfee juga memberikan tips-tips untuk mencegah Spam yang masuk, salah satunya menggunakan aplikasi anti spam yang up to date. (alv)


sumber : infokomputer.com