Proyek OLPC (Laptop 100 USD)


Sejak tahun 1997, proyek One Laptop per Child (OLPC) alias satu laptop untuk setiap anak sudah dirintis. Proyek ini ditujukan untuk membuka wawasan anak-anak di negara sedang berkembang.

Tahun 2007 lalu, akhirnya laptop ini sudah mulai diproduksi dan dijual secara umum walaupun masih terbatas di beberapa negara saja. Skema yang ditawarkan dalam membeli laptop ini adalah, Anda harus membeli 2 laptop sekaligus. Satu bisa Anda miliki, dan 1 lagi diberikan kepada Anak yang membutuhkan. Saat ini beberapa unit laptop sudah diberikan kepada anak-anak di Nigeria, Nepal dan Uruguay.

Awalnya, proyek ini bekerja sama dengan komunitas opensource untuk menyediakan sistem operasi dan juga perangkat lunak yang dibutuhkan. Namun baru-baru ini, Microsoft setuju untuk menyertakan Windows XP ke dalam laptop OLPC ini dengan menambahkan harga beberapa dolar dari harga dasarnya. Masuknya Microsoft ke proyek OLPC ini sedikit banyak menimbulkan pro dan kontra.Detail XO Laptop

Spesifikasi Laptop ini memang masih sedikit kalah dibandingkan Asus Eee PC, namun dengan harga yang ditawarkan dan juga desain yang tahan banting dan bisa diengkol untuk memenuhi kebutuhan sumber dayanya membuat Laptop XO ini cukup menarik untuk dimiliki oleh orang yang mobile dengan kebutuhan dasar: internet, webcam, word processor dan spreadsheet.

Perkembangan mengenai OLPC ini bisa Anda ikuti di situs OLPCNews.


Sumber http://compactbyte.info/